Makadaya Fellowship 2021: Awal Baru, Harapan Baru

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bertepatan pada Hari Inovasi Indonesia yang jatuh pada tanggal 1 November 2020, Makadaya secara resmi membuka pendaftaran untuk program perdananya yaitu Makadaya Fellowship, sebuah program pengembangan kemampuan kewirausahaan sosial selama 9 bulan penuh di Bali untuk 10 orang terpilih dari seluruh Indonesia. Semenjak diluncurkan, Makadaya Fellowship telah memperoleh respon yang luar biasa positif dari para pegiat usaha sosial dimana lebih dari 400 orang dari berbagai daerah di Indonesia mendaftarkan dirinya.

Dengan bantuan dari para evaluator yang berpengalaman di bidangnya untuk membaca dan menilai setiap aplikasi yang masuk, tim Makadaya pun menyeleksi dan akhirnya mengundang 25 orang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu wawancara daring.

Setiap kandidat memiliki keunikannya masing-masing baik dari segi individu maupun dari segi ide/usaha sosial sehingga cukup sulit bagi tim Makadaya menentukan siapa yang terpilih. Namun setelah melewati diskusi yang panjang, tim Makadaya pun dengan bangga mengumumkan 10 fellow terpilih yang akan berproses bersama selama 9 bulan sebagai berikut:

 

  1. ABRAR ASHARI SIREGAR dari Padanglawas, Sumatera Utara
  2. AMINATUZOHRAH dari Lombok, Nusa Tenggara Barat
  3. ENDANG DZUNURAINI dari Lamongan, Jawa Timur
  4. GANIS SHIBARANI dari Pasuruan, Jawa Timur
  5. I KOMANG SUKARMA dari Karangasem, Bali
  6. MUHAMMAD AKMAL dari Makassar, Sulawesi Selatan
  7. PANDE MADE BENI ARIADI dari Tabanan, Bali
  8. RIZA NISRIINAA dari Jember, Jawa Timur
  9. SANDI MAHENDRA dari Medan, Sumatera Utara
  10. SERIANY TONGLO dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Setelah terpilh, banyak persiapan yang harus dilakukan oleh para fellow, diantaranya persiapan keberangkatan, menetap di Bali, persiapan mental, fisik dan kelengkapan logistik lainnya. Maka dari itu, tim Makadaya memberikan dukungan secara optimal dengan beberapa kali mengadakan onboarding call secara daring. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara menyeluruh bagi setiap fellow agar benar-benar siap mengikuti program secara penuh.

Semua fellow yang berasal dari luar pulau dijadwalkan untuk tiba di Bali pada tanggal 25 Januari 2021. Mereka akan dijemput oleh tim Makadaya yang selanjutnya akan diantarkan ke tempat tinggal yang juga sudah disiapkan oleh tim. Tidak hanya sampai disana, tim Makadaya pun menjadwalkan rangkaian orientasi kepada para fellow dengan tujuan untuk mengenalkan mereka dengan orang-orang dan suasana baru sebelum secara resmi memulai program Fellowship ini di awal Februari 2021. 

 

Tidak hanya para fellow yang sibuk mempersiapkan diri, Tim Makadaya pun juga sibuk mempersiapkan Makadaya Centre agar sesuai dengan protokol kesehatan terkait Covid-19 untuk kepentingan bersama. Sehingga nantinya, siapapun yang terlibat dalam Makadaya Fellowship 2021 ini akan merasa nyaman, sehat, aman dan bersemangat untuk mengembangkan diri baik secara personal maupun profesional. Kami, dari tim, sudah tidak sabar untuk segera menyambut kesepuluh fellow Makadaya agar dapat Berdaya Berdampak Bersama.

Blog ini nantinya akan menjadi salah satu wadah untuk para fellow membagikan pengalaman dan ceritanya selama mengikuti Makadaya Fellowship 2021. Setiap fellow akan berkesempatan untuk mengunggah minimal sebuah tulisan di wadah ini. Nantikan unggahan blog terbaru dari kami dan para fellow di minggu-minggu mendatang ya!

More to explore

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.